Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Kelas / Semester : I / 1
Tema : Diri Sendiri
Alokasi Waktu : 1 kali pertemuan
I. Standar kompetensi
a. Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang
dilisankan.
· Berbicara : Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh.
· Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
· Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan,
mencontoh, melengkapi dan menyalin.
b. SBK Mengapresiasikan diri melalui karya seni musik
c. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 20.
II. Kompetensi Dasar
a. Bahasa Indonesia :
· Mendengar : Membedakan berbagai bunyi bahasa
· Berbicara : Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat
sederhana dan bahasa yang santun.
· Membaca : Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal
yang tepat
· Menulis : Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan
bentuk huruf.
b. SBK : Menghafalkan lagu anak-anak
c. Matematika : Membilang banyak benda
III. Indikator
a. Bahasa Indonesia :
· Mendengar : Mendengarkan dan menyanyikan lagu
· Berbicara : Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah dan
tempat tinggal) dg kalimat sederhana
· Membaca : Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal
yang tepat.
· Menulis : Menebalkan bentuk huruf.
b. SBK : Menyanyikan lagu anak dengan menggerakkan
anggota tubuh
c. Matematika : Membilang banyak benda pada gambar.
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini berlangsung, diharapkan siswa dapat :
1. Mendengarkan dan menyanyikan lagu dengan benar
2. Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah dan tempat tinggal) dg kalimat sederhana
3. Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
4. Menebalkan bentuk huruf dengan tepat dan benar.
5. Menyanyikan lagu anak dengan menggerakkan anggota tubuh
6. Membilang banyak benda pada gambar dengan benar.
V. Materi Pokok
Ø Identitas diri
Ø Lagu anak-anak
Ø Operasi hitung bilangan
VI. Metode Pembelajaran
Ø Ceramah
Ø Tanya jawab
Ø Think pair share
Ø Pemberian tugas.
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan awal
Ø Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
Ø Apersepsi
Mengajak siswa menyanyikan lagu "Aku Sayang Ibu" sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Diri Sendiri).
b. Kegiatan inti
1. Lima orang siswa diminta ke depan kelas. Siswa 1 menyebutkan identitas diri (nama dan tempat tinggal), siswa 2 diminta untuk menyebutkan nama identitas diri dan teman disebelahnya (siswa 1) begitu juga dengan siswa 3 menyebutkan identitas dirinya dan siswa 1 dan siswa 2.
2. Semua siswa diminta mengamati contoh suku kata pada kartu dan membacanya.
3. Kemudian siswa diminta untuk menebalkan huruf pada lembar kerja yang telah dibagikan oleh guru.
4. Dengan bimbingan guru, siswa membilang banyaknya bola yang ditunjukkan oleh guru.
c. Kegiatan akhir
Ø Bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
Ø Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Ø Memberikan tugas rumah
VIII. Alat Dan Sumber Belajar
a. Gambar-gambar tentang Keluarga
b. Kartu huruf
c. Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, IPA/Sains, Matematika)
d. Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, IPA/Sains, Matematika, SBK)
IX. Penilaian
a. Penilaian Lisan (dalam proses)
b. Penilaian Tingkah laku (pengamatan)
c. Penilaian Produk
d. Penilaian tertulis obyektif
e. Penilaian unjuk kerja
LAMPIRAN
1. MEDIA
a. GAMBAR KELUARGA
b. KARTU HURUF
1. INSTRUMENT PENILAIAN
1. Bahasa Indonesia
a. Penilaian lisan
1. m a m a
2. n a m a
3. a n a
4. a n i
5. i n a
b. Penilaian Tingkah Laku (Pengamatan)
1. Siswa aktif/tidak aktif.
2. Mau menjawab pertanyaan guru.
3. Menjawab lancar dan jelas
4. Berani maju ke depan kelas.
5. Sopan dan santun dalam menjawab pertanyaan
6. Mau menulis
c. Penilaian Produk
Hasil siswa menebalkan tulisan
d. Penilaian Unjuk Kerja
1. Siswa membuat tulisan dengan tangan
2. Siswa bercerita di depan kelas
3. Siswa mau menyanyi
4. Siswa mau menjawab pertanyaan
2. MATEMATIKA
Banyak benda | | | | | |
Lambang bilangan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar